PENYEBAB SPEAKER TOA MESJID SERING JEBOL.

Speaker TOA,istilah lain nya adalah speaker membran ( istilah orang sunda) banyak sekali dipergunakan oleh mesjid mesjid dan juga dipergunakan di berbagai kegiatan lain nya yang tentunya mengharuskan ada penguatan suara seperti kampanye,acara 17 Agustusan dan lain sebagai nya.
Mesjid dengan megah nya biasa nya selain pemasangan sound audio di dalam ruangan,tentunya hampir semua mesjid memasang speaker TOA untuk pengeras suara nya.
Sebagai seorang tehnisi tentu nya sudah tak asing lagi dengan speaker yang satu ini,mulai dari speaker membran TOA yang berwarna biru yang diketahui sebagai speaker TOA generasi lama namun mawih banyak yang bertahan dengan kekuatan yang awet,dan speaker TOA yang berwarna putih yang sebagaimana kita ketahui merupakan generasi baru dari speaker TOA ini,yang merupakan pengganti dari speaker TOA membran berwarna biru.
Beberapa perbedaan fisik antara speaker TOA model lama dan baru.
  • Warna.
Dari warna nya ini kita sudah bisa memastikan itu speaket TOA baru atau yang lama.
  • Magnet.
Apabila kita membuka speaker TOA  akan bisa diketahui ada 2 jenis magnet.Magnet speaker TOA varian lama menggunakan magnet seperti telur dipotong dua bagian.
Magnet speaker TOA yang keluaran baru berbentuk lingkaran dengan cincin magnet warna hitam sebelah luar.
Didalam kenyataan nya ada speaker TOA yang berwarna biru tapi sudah ada yang menggunakan magnet berbentuk lingkaran dengan cincin magnet yang berwarna hitam.Ini diketahui sebagai generasi awal perubahan ke speaker TOA jaman sekarang.
  • Spul TOA / DIAPHRAGM.
Spul TOA polos tanpa dudukan.
Spul TOA pakai dudukan.
Spul TOA tanpa dudukan menggunakan packing kertas dua biji.
Sedangkan spul TOA yang pakai dudukan tidak memerlukan packing kertas melainkan langsung menggunakan dudukan plastik.

Beberapa penyebab speaker TOA atau membran spul nya jebol terus adalah sebagai berikut.
  1. Tidak menggunakan pasangan amplifier yang impedansi nya sesuai dengan impedansi speaker TOA tersebut.
  2. Amplifier rakitan yang tidak dipasang penyesuaian impedansi akan selalu merusak spul membran tersebut.
  3. Amplifier yang terlalu besar watt nya.
  4. Kabel penyambung dari amplifier ke membran menggunakan kabel kualitas rendah.
  5. Apabila spul Toa tersebut telah mengalami pergantian maka bisa jadi tehnik penggantian nya kurang teliti.
 Beberapa tips supaya spul Toa awet dan tahan lama adalah sebagai berikut.
  1. Belilah satu pasang speaker TOA dan amplifier TOA dalam satu paket.
  2. Apabila terlanjur menggunakan amplifier rakitan atau bukan pasangan nya maka bisa di modifikasi amplifier tersebut dengan cara memasang trafo impedansi output ( trafo OT ) di dalam ampli nya atau juga bisa dipasang alternative lain yaitu dengan memasang elko 2200 uF 50 Volt di output speaker nya.Baca cara memasang trafo OT dan elko di amplifier TOA disini
  3. Apabila melakukan pergantian spul perhatikan apakah spul tersebut lem lem nya kuat atau tidak,ciri spul toa yang bagus adalah fisik nya kekar bentuk nya dan kuat lem nya.
NB : hanya pengalaman pribadi,spul TOA yang lumayan teruji walaupun lokal adalah merk NALAE atau NARAE.Karena fisik lumayan kuat dan kekar.Ketika spul merk nalae polos tak pakai dudukan bisa dipasang menggunakan bekas dari dudukan plastik bawaan spul toa yang asli nya.
Share:

Categories

SAHABAT